%0 Generic %9 Other %A Vrisca Dyah Kurniati, 1113053116 %C Universitas Lampung %D 2015 %F eprints:10087 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T PENGARUH PERAN ORANG TUA DAN SARANA BELAJAR DI SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 2 BANYUMAS KABUPATEN PRINGSEWU TAHUN AJARAN 2014/2015 %U http://digilib.unila.ac.id/10087/ %X Masalah dalam penelitian ini adalah prestasi belajar yang belum optimal pada siswa kelas V SD Negeri 2 Banyumas Kecamatan Banyumas Kabupaten Pringsewu Tahun Ajaran 2014/2015. Belum optimalnya prestasi yang diperoleh siswa diduga disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya adalah kurangnya peran orang tua dan sarana belajar di sekolah yang belum lengkap dan sesuai dengan standar Permendiknas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh peran orang tua dan sarana belajar di sekolah secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Expost Facto. Populasi dalam penelitian ini adalah 34 siswa. Data yang diambil untuk variabel bebas menggunakan angket sedang untuk variabel terikatnya dengan metode dokumentasi. Validitas instrumen diperoleh melalui analisis butir dengan korelasi Product Moment dan reliabilitas instrumen dengan koefisien Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, regresi sederhana dan regresi ganda pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh (1) peran orang tua terhadap prestasi belajar siswa dengan koefisien r sebesar 0,517; (2) sarana belajar di sekolah terhadap prestasi belajar siswa dengan koefisien r sebesar 0,528; (3) peran orang tua dan sarana belajar di sekolah terhadap prestasi belajar siswa dengan koefisien R sebesar 0,728. Kata kunci: peran orang tua, prestasi belajar, sarana belajar di sekolah