TY - UNPB CY - Universitas Lampung ID - eprints10089 UR - http://digilib.unila.ac.id/10089/ A1 - RANI RAHMAWATI, 1113053089 Y1 - 2015/05/21/ N2 - Pemelitian ini dilator belakangi oleh hasil observasi di kelas IV SD Negeri 2 Notoharjo, diketahui bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa masih rendah. Hal ini terlihat dari hasil ujian tengah semester pada semester ganjil, dari 14 siswa kelas IV hanya ada 6 siswa atau 42,86% yang telah mencapai KKM dan ada 8 siswa atau 57,14% siswa yang belum mencapai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV dengan menerapkan model pembelajaran cooperative learning tipe Think Talk Write pada pembelajaran IPS. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas berbentuk siklus dengan tahap-tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan soal tes tertulis, yang kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan, nilai rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I 62,38 dengan kategori aktif, dan meningkat sebesar 9,29 menjadi 71,67 pada siklus II dengan kategori aktif. Persentase aktivitas belajar siswa siklus I (57,14%) meningkat sebesar 21,43%, menjadi (78,57%) pada siklus II dengan kategori tinggi. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I 63,16 dengan kategori tinggi, dan meningkat sebesar 8,34 menjadi 71,5 pada siklus II dengan kategori tinggi. Persentase ketuntasan belajar siklus I (57,14%) meningkat sebesar 21,43%, menjadi (78,57%) pada siklus II dengan kategori tinggi. Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, dan strategi think talk write PB - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan TI - PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK TALK WRITE PADA PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 NOTOHARJO TAHUN PELAJARAN 2014/2015 AV - restricted ER -