%0 Generic %9 Other %A Anyta MJ, 1113053012 %C Universitas Lampung %D 2015 %F eprints:10092 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV B SDN 11 METRO PUSAT TAHUN PELAJARAN 2014/2015 %U http://digilib.unila.ac.id/10092/ %X Masalah penelitian ini adalah rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV B SDN 11 Metro Pusat yang diketahui dari hasil observasi dari 24 orang siswa, hanya 7 orang siswa atau 29,17% yang sudah mencapai standar keberhasilan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV B SDN 11 Metro Pusat dengan menggunakan model cooperative learning tipe STAD. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes hasil belajar, alat pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar panduan observasi dan soal-soal tes, kemudian dianalisis menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Siklus I persentase ketuntasan klasikal motivasi siswa 58,34% (cukup), siklus II meningkat 29,16% menjadi 87,50% (baik). Siklus I persentase ketuntasan klasikal afektif siswa 41,67% (cukup), pada siklus II meningkat 37,50% menjadi 79,17% (baik). Siklus I persentase ketuntasan klasikal psikomotor siswa 50% (cukup terampil), siklus II meningkat 41,67% menjadi 91,67% (terampil). Siklus I persentase ketuntasan klasikal kognitif siswa 54,16% (cukup), siklus II meningkat 29,18% menjadi 87,50 % (sangat baik). Kata kunci: hasil belajar, model cooperative learning tipe STAD, motivasi.