TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints10095 UR - http://digilib.unila.ac.id/10095/ A1 - Imma Shofiana Tsani, 1113053055 Y1 - 2015/04/28/ N2 - ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 7 Metro Barat pada pembelajaran IPS yakni 10 siswa (37,03%) dari 27 siswa yang belum mencapai nilai ketuntasan belajar berdasarkan KKM yang telah ditentukan yaitu ?66. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui pendekatan kontekstual. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan setiap siklus, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi dan soal tes. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan kontekstual pada pembelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 7 Metro Barat dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata aktivitas siswa siklus I sebesar 69,77 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar (66,66%) kategori aktif dan siklus II yaitu 80,88 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar (85,18%) kategori sangat aktif, peningkatan aktivitas dari siklus I ke siklus II sebesar (11,11%). Hasil belajar siswa pada siklus I nilai rata-rata yaitu 69,40 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar (66,66%) kriteria tinggi dan siklus II yaitu 80,92 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar (85,18%) dengan kriteria sangat tinggi, peningkatan persentase ketuntasan klasikal hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar (18,52%). Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, pendekatan kontekstual. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL SISWA KELAS IV SD NEGERI 7 METRO BARAT AV - restricted ER -