TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints10096 UR - http://digilib.unila.ac.id/10096/ A1 - Nanda Pratiwi, 1113053073 Y1 - 2015/05/06/ N2 - Penelitian ini berlatar belakang dari rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IVB SD Negeri 2 Bumiharjo Tahun Pelajaran 2014/2015 pada pembelajaran matematika yang ditunjukkan dengan ketuntasan hasil belajar siswa hanya sebesar 33,33% dengan KKM 66. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kreatif produktif. Jenis penelitian yang digunakan adalah tindakan kelas dengan tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik nontes dan tes. Teknik analisis data dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Persentase siswa aktif siklus I sebesar 47,62% dan siklus II sebesar 76,19% mengalami peningkatan sebesar 28,57% . Rata-rata hasil belajar afektif pada siklus I sebesar 57,44 ?cukup baik? dan siklus II sebesar 66,37 ?baik? mengalami peningkatan sebesar 8,93. Rata-rata hasil belajar Psikomotor pada siklus I sebesar 57,94 ?cukup terampil? dan siklus II sebesar 70,04 ?terampil? mengalami peningkatan sebesar 12,1. Ketuntasan hasil belajar kognitif pada siklus I sebesar 71,43% dan siklus sebesar II 80,95% mengalami peningkatan sebesar 9,52%. Penerapan model pembelajaran kreatif produktif dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika pada siswa IVB SD Negeri 2 Bumiharjo. Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, pembelajaran kreatif produktif. PB - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan TI - PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KREATIF PRODUKTIF UNTUK MENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IVB SD NEGERI 2 BUMIHARJO TAHUN PELAJARAN 2014/2015 AV - restricted ER -