%A 1113053099 Riyani Cahyanti %T PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV A SD NEGERI 2 BUMIHARJO %X ABSTRAK PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV A SD NEGERI 2 BUMIHARJO Oleh RIYANI CAHYANTI Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar matematika. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika dengan menerapkan model cooperative learning tipe picture and picture. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahapan dalam setiap siklusnya yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Alat pengumpul data penelitian adalah lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian pada siklus I rata-rata komponen aktivitas siswa secara klasikal sebesar 72,78 dengan persentase siswa aktif 52,38% (kategori cukup), siklus II sebesar 78,49 dengan persentase siswa aktif 80,95% (kategori sangat aktif). Adapun rata-rata hasil belajar kognitif siswa pada siklus I sebesar 70,17 (kriteria tinggi) dan siklus II sebesar 77,02 (kriteria tinggi). Sedangkan rata-rata hasil belajar afektif siklus I 58,97 (kriteria cukup) dan siklus II 68,89 (kriteria baik). Rata-rata hasil belajar psikomotor siklus I 59,37 (kriteria cukup) dan siklus II 70,63 (kriteria baik). Dengan demikian, pembelajaran matematika dengan menerapkan model cooperative learning tipe picture and picture dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa. Kata kunci:aktivitas, cooperative learning tipe picture and picture, hasil belajar. %C Universitas Lampung %D 2015 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %L eprints10103