TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints10105 UR - http://digilib.unila.ac.id/10105/ A1 - Kesdik Tria Sayekti, 1113023033 Y1 - 2015/05/09/ N2 - ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan efektivitas pendekatan ilmiah pada materi asam basa dalam meningkatkan keterampilan membedakan. Pendekatan ilmiah terdiri dari lima tahap yaitu mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pringsewu Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 166 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 sebagai sampel. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non Equivalent Control Group Design. Efektivitas pembelajaran dengan pendekatan ilmiah dianalisis berdasarkan perbedaan n-Gain yang signifikan antara kelas control dan kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-Gain keterampilan membedakan pada kelas eksperimen sebesar 0,48 dan kelas kontrol sebesar 0,33. Berdasarkan pengujian hipotesis, diperoleh rata-rata n-Gain keterampilan membedakan pada materi asam basa pada kelas yang diterapkan pembelajaran dengan pendekatan ilmiah lebih tinggi daripada rata-rata n-Gain keterampilan membedakan pada materi asam basa pada kelas yang diterapkan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukan bahwa Kesdik Tria Sayekti pendekatan ilmiah pada materi asam basa efektif dalam meningkatkan keterampilan membedakan. Kata kunci: asam basa, pendekatan ilmiah, keterampilan membedakan. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - EFEKTIVITAS PENDEKATAN ILMIAH PADA MATERI ASAM BASA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBEDAKAN AV - restricted ER -