creators_name: Lita Yulianti, 1113053063 creators_id: litarahmat18@gmail.com type: other datestamp: 2015-06-03 06:57:24 lastmod: 2015-06-03 06:57:24 metadata_visibility: show title: PENERAPAN MODEL PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VA SD NEGERI 10 METRO TIMUR TAHUN PELAJARAN 2014/2015 ispublished: pub subjects: LB1501 full_text_status: restricted abstract: Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VA SD Negeri 10 Metro Timur pada mata pelajaran matematika. Hasil belajar rendah ditunjukkan dengan ketuntasan klasikal siswa yang hanya mencapai 45 %. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model problem posing. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam II siklus. Tahapan masing-masing siklus yaitu perencanaan, pelakasanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan teknik nontes dan tes dengan alat pengumpul data berupa lembar observasi untuk menilai aktivitas siswa, kinerja guru, hasil belajar afektif dan hasil belajar psikomotor, serta soal tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar kognitif siswa. Analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata aktivitas siswa pada siklus I yaitu 59,80 meningkat 10,39 pada siklus II menjadi 70,19. Persentase siswa aktif pada siklus I adalah 57,89 % yang berada pada kategori cukup aktif, meningkat 17,11 % pada siklus II menjadi 75 % dengan kategori aktif. Nilai rata-rata hasil belajar siklus I yaitu 65,04 meningkat pada siklus II sebesar 11,86 menjadi 76,90. Ketuntasan kelas pada siklus I sebesar 65 %, meningkat 15 % pada siklus II menjadi 80 %. Penerapan model problem posing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata kunci : aktivitas, hasil belajar, dan model problem posing. date: 2015-05-12 date_type: published publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan place_of_pub: Universitas Lampung institution: Universitas Lampung department: FKIP thesis_type: other citation: Lita Yulianti, 1113053063 (2015) PENERAPAN MODEL PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VA SD NEGERI 10 METRO TIMUR TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. document_url: http://digilib.unila.ac.id/10114/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10114/2/COVER%20DALAM.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10114/3/HALAMAN%20PERSETUJUAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10114/4/HALAMAN%20PENGESAHAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10114/5/PERNYATAAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10114/6/RIWAYAT%20HIDUP.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10114/7/MOTO.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10114/8/PERSEMBAHAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10114/9/SANWACANA.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10114/10/DAFTAR%20ISI.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10114/11/DAFTAR%20TABEL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10114/12/DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10114/13/DAFTAR%20GAMBAR.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10114/14/BAB%20I.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10114/15/BAB%20II.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10114/16/BAB%20III.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10114/17/BAB%20IV.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10114/18/BAB%20V.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10114/19/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf