%0 Generic %9 Other %A Nurlitasari Ningsih, 1113053084 %C Universitas Lampung %D 2015 %F eprints:10116 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN METODE INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 METRO BARAT %U http://digilib.unila.ac.id/10116/ %X Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA yang ditunjukkan dengan persentase ketuntasan siswa sebesar 38,24% atau 13 orang siswa dari 24 orang siswa. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui penerapan model discovery learning dengan metode inkuiri. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahapan setiap siklus, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Alat pengumpul data penelitian menggunakan lembar observasi dan lembar soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model discovery learning dengan metode inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar IPA. Hal tersebut ditunjukkan dari persentase ketuntasan sikap siswa yang mencapai predikat minimal mulai berkembang pada siklus I sebesar 64,71% dengan nilai rata-rata 65,44 meningkat pada siklus II menjadi 82,35% dengan nilai rata-rata 79,23. Persentase ketuntasan keterampilan siswa yang mencapai predikat minimal terampil pada siklus I sebesar 61,76% dengan nilai rata-rata 64,15 kemudian meningkat pada siklus II menjadi 79,41% dengan nilai rata-rata 79,04. Persentase ketuntasan nilai pengetahuan siswa yang telah mencapai KKM pada siklus I sebesar 64,71% dengan nilai rata-rata 68,18 meningkat pada siklus II menjadi 82,35% dengan nilai rata-rata 78,12. Kata kunci: hasil belajar, metode inkuiri, model discovery learning