%A 1113053100 Rohani %T PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE SCRIPT PADA PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VB SD NEGERI 06 METRO BARAT TP 2014/2015 %X ABSTRAK PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE SCRIPT PADA PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VB SD NEGERI 06 METRO BARAT TP 2014/2015 Oleh ROHANI Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VB SD Negeri 06 Metro Barat pada pembelajaran IPS. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe cooperative script. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi untuk mengukur kinerja guru, aktivitas siswa, hasil belajar afektif dan psikomotor siswa. Tes tertulis digunakan untuk mengukur hasil belajar kognitif siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe cooperative script dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari presentase aktivitas siswa siklus I (68,96%) kategori aktif dan siklus II (82,75%) kategori sangat aktif, dengan peningkatan sebesar 13,79%. Meningkatnya hasil belajar siswa diketahui dari rata-rata nilai hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 68,53 dan pada siklus II sebesar 74,38 dengan peningkatan sebesar 5,85. Presentase ketuntasan belajar siswa siklus I (65,51%) dengan kategori tinggi dan pada siklus II (79,31%) dengan kategori tinggi, dengan peningkatan sebesar 13,8% Kata kunci : aktivitas belajar, cooperative script, hasil belajar. %C Universitas Lampung %D 2015 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %L eprints10117