TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints10121 UR - http://digilib.unila.ac.id/10121/ A1 - Suci Yati Sari, 1113023063 Y1 - 2015/05/22/ N2 - ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan lembar kerja siswa (LKS) pada materi asam basa berbasis pendekatan ilmiah, (2) mendeskripsikan karakteristik LKS yang dikembangkan, dan (3) mendeskripsikan tanggapan guru dan siswa terhadap LKS yang dikembangkan. Metode penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Tahap pelaksanaan penelitian ini adalah tahap analisis kebutuhan, perencanaan, pengembangan produk awal, validasi ahli, uji coba lapangan awal, dan revisi hasil uji coba LKS pada materi asam basa berbasis pendekatan ilmiah. Instrumen penelitian ini adalah pedoman wawancara, angket, dan instrumen validasi ahli. Analisis data menggunakan statistika deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan aspek kesesuaian isi, konstruksi, keterbacaan, dan kemenarikan menurut validator dan guru memiliki kriteria sanggat tinggi. Dan tanggapan siswa aspek keterbacaan dan kemenarikan memiliki kriteria sangat tinggi. Dari hasil data penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa LKS pada materi asam basa berbasis pendekatan ilmiah memiliki kriteria sangat tinggi. Kata Kunci : asam basa, LKS, pendekatan ilmiah PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA PADA MATERI ASAM BASA BERBASIS PENDEKATAN ILMIAH AV - restricted ER -