title: PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SAINS SISWA MELALUI PENILAIAN OTENTIK ANTARA MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY DENGAN INQUIRY creator: SAMSURYATI, 1113022054 subject: LB Theory and practice of education subject: QC Physics description: Sains berkaitan dengan mencari tahu tentang alam secara sistematis, sains tidak hanya merupakan penguasaan konsep, fakta, prinsip, tetapi siswa juga terlibat dalam pengalaman empirik melalui pendekatan saintifik. Sementara, model pembelajaran yang dapat diterapkan pada pendekatan saintifik antara lain model pembelajaran discovery dan inquiry. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar sikap, pengetahuan, dan keterampilan sains siswa antara model pembelajaran discovery dengan inquiry, dan untuk mengetahui interaksi antara model pembelajaran dengan hasil belajar sains siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 20 Bandarlampung semester genap tahun 2014-2015 dengan kelas VIIF dan VIIG sebagai sampel penelitian. Data hasil belajar sains siswa diperoleh melalui observasi dan tes. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji independent sample t-tes dan uji two way anova bahwa terdapat perbedaan sikap, pengetahuan, dan keterampilan sains siswa antara model pembelajaran discovery dengan inquiry. Pada model pembelajaran inquiry, sikap dan keterampilan sains siswa lebih tingggi dari pada model pembelajaran discovery, sedangkan pada model pembelajaran discovery pengetahuan sains siswa lebih tinggi dari pada model pembelajaran inquiry. Pada hasil analisis data menggunakan uji two way anova terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan hasil belajar, yakni terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan sikap dan pengetahuan sains siswa, sementara tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan keterampilan sains siswa. Kata kunci: discovery, hasil belajar, inquiry, keterampilan, sikap. publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2015-05-13 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10129/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10129/2/COVER%20DALAM.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10129/3/COVER%20LUAR.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10129/4/DAFTAR%20GAMBAR.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10129/5/DAFTAR%20ISI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10129/6/DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10129/7/DAFTAR%20TABEL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10129/8/HALAMAN%20PENGESAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10129/9/HALAMAN%20PERSETUJUAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10129/10/MOTTO.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10129/11/PERNYATAAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10129/12/PERSEMBAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10129/13/RIWAYAT%20HIDUP.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10129/14/SANWACANA.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10129/15/BAB%20I.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10129/16/BAB%20II.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10129/17/BAB%20III.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10129/18/BAB%20IV.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10129/19/BAB%20V.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10129/20/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf identifier: SAMSURYATI, 1113022054 (2015) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SAINS SISWA MELALUI PENILAIAN OTENTIK ANTARA MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY DENGAN INQUIRY. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG. (Tidak diterbitkan) relation: http://digilib.unila.ac.id/10129/