%0 Generic %9 Other %A Yuyun Eka Purwanti, 1113053112 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2015 %F eprints:10130 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENERAPAN MODEL PROBLEM POSING PADA PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VB SD NEGERI 5 METRO BARAT %U http://digilib.unila.ac.id/10130/ %X ABSTRAK Masalah dalam penelitian adalah rendahnya keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar IPS siswa kelas VB SD Negeri 5 Metro Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar IPS siswa kelas VB SD Negeri 5 Metro Barat dengan menerapkan model problem posing. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (clasroom action research). Penelitian ini memiliki empat tahapan dasar yang berkesinambungan, yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (relecting). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik nontes dan tes, sedangkan alat pengumpul data menggunakan lembar observasi untuk menilai keterampilan berpikir kritis, kinerja guru, hasil belajar afektif dan psikomotor serta soal tes untuk mengetahui hasil belajar kognitif siswa, kemudian dianalisis dengan teknik analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model problem posing dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas VB SD Negeri 5 Metro Barat. Keterampilan berpikir kritis siklus I sebesar 51,45% dan siklus II 77,77% meningkat 26,32%. Rata-rata nilai hasil belajar siswa siklus I sebesar 62,91 dan siklus II 75,32 meningkat 12,41. Peningkatan ketuntasan belajar siklus I sebesar 43,75%, dan siklus II 83,30% meningkat 39,55%. Kata Kunci: keterampilan berpikir kritis, hasil belajar, problem posing