%0 Generic %9 Other %A Nur Aulia, 1113053080 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2015 %F eprints:10132 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) DENGAN METODE PROBLEM SOLVING PADA SISWA KELAS V A SD NEGERI 03 SULUSUBAN %U http://digilib.unila.ac.id/10132/ %X ABSTRAK Pembelajaran IPA di kelas V A SD Negeri 03 Sulusuban belum berlangsung sesuai dengan yang diharapkan. Hasil belajar siswa masih rendah, ketuntasan belajar siswa hanya mencapai 31,82%. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui penerapan model pembelajaran AIR dengan metode problem solving. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data melalui teknik nontes dan tes dengan menggunakan lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran AIR dengan metode problem solving dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V A SD Negeri 03 Sulusuban. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 66,00 dan mengalami peningkatan sebesar 10,22 sehingga pada siklus II menjadi 76,22. Persentase ketuntasan klasikal pada siklus I adalah 50,00% (kategori sedang) meningkat 31,82% pada siklus II menjadi 81,82% (kategori tinggi). Kata kunci: hasil belajar, metode problem solving, model pembelajaran AIR.