TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints10136 UR - http://digilib.unila.ac.id/10136/ A1 - Topan Saputra, 1111011142 Y1 - 2015/04/24/ N2 - ABSTRAK Pepsodent Mouthwash adalah salah satu produk yang merupakan perluasan merek dari Pasta Gigi Pepsodent. Keberhasilan Pasta Gigi Pepsodent di pasar kemungkinan akan memicu konsumen untuk membeli juga Pepsodent Mouthwash. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat sensitivitas dan arah respon konsumen terhadap Pepsodent Mouthwash. Penelitian ini dilakukan di Bandar Lampung dengan sampel sebanyak 100 responden. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner. Sementara model pengukur sensitivitas respon yang digunakan adalah hierarchy of effect model. Hasil penelitian menunjukkan sensitivitas respon konsumen atas brand extension dari pasta gigi Pepsodent ke Pepsodent Mouthwash adalah sebesar 4,28. Oleh karena sensitivitas ini lebih kecil dari 1, maka termasuk dalam ukuran tidak sensitif. Dengan demikian, responden yang telah memakai Pasta Gigi Pepsodent sebelumnya dengan adanya produk Pepsodent Mouthwash menjadi tidak sensitif atau tidak merespon. Perubahan kekuatan respon dari Pasta gigi Pepsodent ke Pepsodent Mouthwash adalah positif sebesar 19. Tanda positif menunjukkan bahwa skor jawaban konsumen terhadap Pepsodent Mouthwash lebih tinggi dibandingkan Pepsodent Mouthwash. Dengan demikian, adanya perluasan merek dari Pasta Gigi Pepsodent ke Pepsodent Mouthwash direspon baik oleh konsumen. Namun respon tersebut tidak diikuti stimuli yang baik dari Pepsodent Mouthwash sehingga konsumen menjadi tidak sensitif untuk juga memakai Pepsodent Mouthwash di masa yang akan datang. Ini terlihat dari nilai perubahan stimuli yang negatif sebesar -13. Peneliti memberikan saran kepada PT Unilever Indonesia Tbk sebaiknya meningkatkan lagi pengetahuan (knowledge) tentang Pepsodent Mouthwash kepada konsumen, dengan cara mengedukasikannya melalui media-media elektronik maupun cetak, atau dapat melalui penyuluhan kepada konsumen terutama kepada anak-anak supaya anak-anak dapat mengetahui manfaat dari penggunaan pepsodent Mouthwash setelah menggosok gigi sejak dini. Keyword: perluasan merek (brand extension), sensitifitas, respon konsumen. PB - FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS TI - ANALISIS SENSITIFITAS RESPON KONSUMEN TENTANG PERLUASAN MEREK PRODUK PEPSODENT MOUTHWASH DI BANDAR LAMPUNG AV - restricted ER -