%0 Generic %A Achmad Rifa'i, 1113031001 %C Universitas Lampung %D 2015 %F eprints:10143 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH, BUDAYA MEMBACA, DAN PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI GURU TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 TRIMURJO TAHUN PELAJARAN 2014/2015 %U http://digilib.unila.ac.id/10143/ %X Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar Ekonomi yang rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah, budaya membaca, dan persepsi siswa tentang kompetensi guru terhadap hasil belajar Ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Trimurjo Tahun Pelajaran 2014/2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survei. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 63 siswa. Sampel yang diperoleh adalah 54 siswa dengan menggunakan rumus T Yamane dan teknik sampel yaitu simple random sampling. Data yang terkumpul melalui angket dan obsevasi. Pengujian hipotesis pertama, kedua, dan ketiga menggunakan rumus regresi linear sederhana sedangkan pengujian hipotesis keempat menggunakan rumus regresi linear multipel. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil sebagai berikut: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap hasil belajar Ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Trimurjo Tahun Pelajaran 2014/2015. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara budaya membaca terhadap hasil belajar Ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Trimurjo Tahun Pelajaran 2014/2015. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang kompetensi guru terhadap hasil belajar Ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Trimurjo Tahun Pelajaran 2014/2015. (4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pemanfaatan perpustakaan sekolah, budaya membaca, dan persepsi siswa tentang kompetensi guru terhadap hasil belajar Ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Trimurjo Tahun Pelajaran 2014/2015. Kata kunci: budaya membaca, hasil belajar, pemanfaatan perpustakaan sekolah, dan persepsi siswa tentang kompetensi guru