%A 0916051021 Alfred Deadline Silaban %J Keputusan pembelian %T Pengaruh Keluarga, Kelompok Referensi, Peran dan Status Terhadap Keputusan Pembelian Kain Tapis di Bandar Lampung (Studi Pada Konsumen Butik Tapis Fitri di Bandar Lampung) %X Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh keluarga, kelompok referensi serta peran dan status terhadap keputusan pembelian kain tapis di Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan penelitian explanatory research dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah konsumen kain tapis Butik Fitri, dengan jumlah sample sebanyak 40 orang. Pengembilan sample pada penelitian ini menggunakan rumus Roscoe, dimana jumlah seluruh variabel dikalikan sepuluh. Pengujian hipotesis penelitian ini dalam bentuk uji t, uji F, dan uji R2 dengan menggunakan alat analisis software SPSS. Hasil penelitian ini adalah secara parsial keluarga dan kelompok referensi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, dan peran dan status tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Sementara itu, secara simultan, variabel keluarga, kelompok referensi serta peran dan status berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian kain tapis di Bandar Lampung. Kata kunci : Faktor Sosial, Keluarga, Kelompok Referensi, Peran dan Status, Keputusan Pembelian, Kain Tradisional, Tapis. Abstract The purpose of this study was to determine the influence of family, reference groups and the role and status of the filter fabric purchasing decisions in Bandar Lampung. This research uses explanatory research using quantitative approach. The population of this study is that consumers filter fabric Boutique Fitri, the sample size of 40 people. Determination of the sample in this study using the formula Roscoe, where the sum of all variables multiplied by ten. Test the hypothesis on this research in the form of a T-test, F-test, and the test of R2 by using SPSS software analysis tool. The results of this study are partially family and reference groups have significant influence on purchasing decisions, and the role and status does not significantly influence the purchase decision. Meanwhile, simultaneously, family variables, the reference group and the role and status significantly influence purchasing decisions filter fabric in Bandar Lampung. Key word: Social factors, Family, Reference Groups, Roles and Status, Purchase Decision, Traditional Cloth, Tapis. %D 2015 %C Universitas Lampung %I Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik %L eprints10147