creators_name: Antonina Meilani Asta Sari Ningsih, 1113053011 creators_id: meilany.asta@yahoo.com type: other datestamp: 2015-06-05 03:38:40 lastmod: 2015-06-05 03:38:40 metadata_visibility: show title: PENERAPAN MAPPING DALAM MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IVA SD NEGERI 11 METRO PUSAT TAHUN PELAJARAN 2014/2015 ispublished: pub subjects: General subjects: LC full_text_status: restricted abstract: ABSTRAK PENERAPAN MAPPING DALAM MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IVA SD NEGERI 11 METRO PUSAT TAHUN PELAJARAN 2014/2015 Oleh: ANTONINA MEILANI ASTA SARI NINGSIH Masalah yang terdapat dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IVA SDN 11 Metro Pusat yang diketahui dari hasil observasi yaitu hanya sebanyak 8 siswa atau 33,33% dari 24 siswa yang mencapai KKM yaitu 66 dengan kategori “sedang”. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa kelas IVA SDN 11 Metro Pusat melalui penerapan mapping dalam model pembelajaran inkuiri. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Masing-masing siklus dilaksanakan melalui 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui lembar observasi dan tes tertulis. Data yang telah dikumpulkan dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan mapping dalam model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IVA SDN 11 Metro Pusat. Hal ini dapat dilihat dari persentase ketuntasan hasil belajar afektif klasikal pada siklus I mendapat 50% dengan kategori “sedang” dan meningkat 37,50 sehingga pada siklus II mencapai 87,50% dengan kategori “sangat tinggi”. Ketuntasan hasil belajar kognitif klasikal pada siklus I mencapai 62.50% dengan kategori “tinggi” dan meningkat 20,83 sehingga pada siklus II mencapai 83.33% dengan kategori “sangat tinggi”. Ketuntasan hasil belajar psikomotor klasikal pada siklus I mencapai 54.16% kategori “sedang” dan meningkat 29,17 sehingga pada siklus II mencapai 83.33% dengan kategori “sangat tinggi”. Kata Kunci : hasil belajar, mapping, model pembelajaran inkuiri date: 2015-05-13 date_type: published publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan place_of_pub: Universitas Lampung institution: Universitas Lampung department: FKIP thesis_type: other citation: Antonina Meilani Asta Sari Ningsih, 1113053011 (2015) PENERAPAN MAPPING DALAM MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IVA SD NEGERI 11 METRO PUSAT TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. document_url: http://digilib.unila.ac.id/10149/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10149/2/COVER%20DALAM.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10149/3/HALAMAN%20PERSETUJUAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10149/4/HALAMAN%20PENGESAHAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10149/5/PERNYATAAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10149/6/RIWAYAT%20HIDUP.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10149/7/MOTO.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10149/8/PERSEMBAHAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10149/9/SANWACANA.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10149/10/DAFTAR%20ISI.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10149/11/DAFTAR%20TABEL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10149/12/DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10149/13/DAFTAR%20GAMBAR.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10149/14/BAB%20I.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10149/15/BAB%20II.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10149/16/BAB%20III.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10149/17/BAB%20IV.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10149/18/BAB%20V.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10149/19/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf