%0 Generic %9 Other %A Aldona Meylina Manalu, 1113053006 %C Universitas Lampung %D 2015 %F eprints:10150 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI SUKABUMI %U http://digilib.unila.ac.id/10150/ %X Masalah yang terdapat dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa dengan rata-rata nilai mid semester sebesar 60, dari 12 siswa hanya 5 orang siswa yang mendapat nilai ≥ 66 atau 42% dan sebanyak 7 orang siswa atau 58% belum mencapai KKM yang ditentukan yaitu 66. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika dengan menerapkan model cooperative learning tipe rotating trio exchange (RTE). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Prosedur dilaksanakan melalui dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari; (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan (acting), (3) observasi (observing), (4) refleksi (reflecting). Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi dan tes, menggunakan lembar panduan observasi dan soal-soal tes untuk mengukur hasil belajar siswa. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe RTE dalam pembelajaran matematika kelas IV SD Negeri Sukabumi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari ketuntasan belajar siswa yang mencapai 75%, dari rata-rata aktivitas siswa pada siklus I (63,81%) dan pada siklus II menjadi (79,95%) dengan peningkatan 16,14%. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I (67,5) dan pada siklus II menjadi (83,3) dengan peningkatan 15,8. Kata kunci: aktivitas, cooperative learning, hasil belajar, RTE.