@misc{eprints10151, month = {Mei}, title = {HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN BELAJAR DI SEKOLAH DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 1 RAJABASA RAYA KOTA BANDAR LAMPUNG}, author = {1113053029 Deviyanti Pangestu}, address = {Universitas Lampung}, publisher = {Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan}, year = {2015}, url = {http://digilib.unila.ac.id/10151/}, abstract = {Masalah penelitian ini adalah prestasi belajar IPS yang masih rendah, lingkungan belajar di sekolah yang kurang kondusif dan motivasi belajar yang masih rendah pada siswa kelas V SD Negeri 1 Rajabasa Raya Kota Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara lingkungan belajar di sekolah dengan prestasi belajar IPS, hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar IPS, hubungan antara lingkungan belajar di sekolah dan motivasi belajar dengan prestasi belajar IPS. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode asosiatif korelasional dengan pendekatan ex post facto dan survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 1 Rajabasa Raya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan antara lingkungan belajar di sekolah dengan prestasi belajar IPS dengan koefisien korelasi r sebesar 0,939; (2) terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar IPS dengan koefisien korelasi r sebesar 0,569; (3) terdapat hubungan antara lingkungan belajar di sekolah dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan prestasi belajar IPS dengan koefisien korelasi R sebesar 0,941. Kata kunci: lingkungan, motivasi, prestasi.} }