%A 1113022050 RINI SINTIA %T PENGEMBANGAN LKS MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI SUHU DAN KALOR %X Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa LKS berbasis discovery learning melalui pendekatan saintifik pada materi suhu dan kalor, mendeskripsikan kemenarikan kemudahan dan kemanfaatan produk yang dikembangkan, serta mendeskripsikan keefektifan produk yang dikembangkan dalam pembelajaran. Penelitian ini berpedoman pada desain penelitian pengembangan yang dimulai dengan menganalisis potensi dan masalah sekaligus mengumpulkan data. Selanjutnya mendesain produk sehingga dihasilkan produk prototipe I. Setelah itu, dilakukan uji validasi ahli terhadap produk prototipe I sampai dengan diperoleh produk yang sudah tervalidasi (produk prototipe II). Tahap selanjutnya uji coba produk melalui uji satu lawan satu. Hasil uji satu lawan satu ini menyatakan bahwa LKS yang dikembangkan memperoleh skor kemenarikan 3,38 dengan kategori sangat baik, skor kemudahan 3,39 dengan kategori sangat baik, dan skor kemanfaatan 3,61 dengan kategori sangat baik. Tahapan selanjutnya revisi produk, setelah direvisi maka dilakukan uji coba pemakaian melalui uji lapangan. Berdasarkan hasil uji lapangan, LKS yang dikembangkan memperoleh skor kemenarikan 3,19 dengan kategori baik, skor kemudahan 3,20 dengan kategori baik, dan skor kemanfaatan 3,38 dengan kategori sangat baik. Hasil uji keefektifan menunjukkan bahwa 79,41% siswa tuntas KKM, sehingga produk dinyatakan efektif dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Kata kunci: Pengembangan LKS, LKS Discovery Learning, Pendekatan Saintifik. %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2015 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints10154