%0 Generic %9 Other %A Meli Susanti, 1113053067 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2015 %F eprints:10162 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 RAJABASA RAYA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015 %U http://digilib.unila.ac.id/10162/ %X ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 RAJABASA RAYA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015 Oleh Meli Susanti Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 1 Rajabasa Raya Bandar Lampung tahun pelajaran 2014/2015. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Rajabasa Raya Bandar Lampung tahun pelajaran 2014/2015.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dan jenis penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 1Rajabasa Raya Bandar Lampung. Tehnik pengambilan sampel menggunakan purposive sampel. Instrumen utama yang digunakan adalah tes. Data dianalisis dengan menggunakan skor pretest dan posttest dan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar diuji menggunakan uji regresi linier. Hasil penelitian ini diperoleh diperoleh nilai R Square 0,519 atau 51,9%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar IPS Kata Kunci: Jigsaw, Hasil Belajar IPS