title: PENGARUH AKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 PRINGSEWU TIMUR TAHUN PELAJARAN 2014/2015 creator: Renny Karlina Parapat, 1113053092 subject: subject: LC Special aspects of education description: ABSTRAK PENGARUH AKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 PRINGSEWU TIMUR TAHUN PELAJARAN 2014/2015 OLEH RENNY KARLINA PARAPAT Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aktivitas penggunaan model pembelajaran guided inquiry terhadap hasil belajar IPA siswa. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 2 Pringsewu Timur Tahun Pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental dengan desain penelitan “same group design”. Sampel pada penelitian ini dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Sampel diambil kelas IV C sebagai kelas kontrol sekaligus sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian ini bahwa nilai rata-rata hasil belajar IPA siswa pada model guided inquiry lebih tinggi dari nilai rata-rata hasil belajar IPA siswa pada model konvensional. Serta nilai rata-rata aktivitas belajar siswa pada model guided inquiry lebih tinggi dari nilai rata-rata aktivitas belajar siswa pada model konvensional. Demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh aktivitas penggunaan model pembelajaran guided inquiry terhadap hasil belajar IPA siswa. Kata kunci: guided inquiry, hasil belajar, aktivitas belajar publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan date: 2015-05-20 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10163/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10163/2/COVER%20DALAM.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10163/3/HALAMAN%20PERSETUJUAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10163/4/HALAMAN%20PENGESAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10163/5/PERNYATAAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10163/6/RIWAYAT%20HIDUP.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10163/7/PERSEMBAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10163/8/MOTO.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10163/9/SANWACANA.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10163/10/DAFTAR%20ISI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10163/11/DAFTAR%20TABEL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10163/12/DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10163/13/DAFTAR%20GAMBAR.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10163/14/BAB%20I.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10163/15/BAB%20II.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10163/16/BAB%20III.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10163/17/BAB%20IV.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10163/18/BAB%20V.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10163/19/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf identifier: Renny Karlina Parapat, 1113053092 (2015) PENGARUH AKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 PRINGSEWU TIMUR TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. relation: http://digilib.unila.ac.id/10163/