TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints10165 UR - http://digilib.unila.ac.id/10165/ A1 - Novita Wella Sari, 1013052037 Y1 - 2015/04/07/ N2 - ABSTRAK PENGARUH TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK PENINGKATAN PERILAKU ASERTIF PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BARADATU TAHUN PELAJARAN 2014/2015 Oleh NOVITA WELLA SARI Masalah penelitian ini adalah perilaku asertif siswa di sekolah rendah. Permasalahannya adalah ?Apakah teknik sosiodrama dapat meningkatkan perilaku asertif siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Baradatu Tahun Pelajaran 2014/2015?. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh penggunaan sosiodrama terhadap peningkatan perilaku asertif siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Baradatu. Metode penelitian adalah metode quasi eksperimen desain equivalent time series. Subjek penelitian sebanyak 10 orang siswa yang perilaku asertifnya rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi kemunculan perilaku asertif siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan perilaku asertif siswa disekolah setelah kegiatan sosiodrama, terbukti dari hasil analisis data observasi pretest-postest menggunakan Wilcoxon Matched Pairs Test yang menunjukkan thitung (-2,803) < ttabel (8). Dengan demikian Ha diterima, artinya teknik sosiodrama sangat efektif digunakan untuk peningkatan perilaku asertif siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Baradatu Tahun Pelajaran 2014/2015. Kesimpulannya adalah teknik sosiodrama dapat digunakan untuk Peningkatan Perilaku Asertif pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Baradatu Tahun Pelajaran 2014/2015. Saran yang diberikan adalah (1) Kepada siswa hendaknya mengikuti kegiatan sosiodrama untuk meningkatkan perilaku asertif diri di sekolah, (2) Kepada guru bimbingan dan konseling hendaknya mengadakan kegiatan sosiodrama secara rutin untuk meningkatkan perilaku asertif di sekolah (3) Para peneliti hendaknya dapat melakukan penelitian dengan menggunakan layanan, pendekatan, dan teknik yang sama tetapi dengan masalah yang berbeda, jumlah materi sosiodrama serta subyek yang berbeda. Kata kunci: bimbingan dan konseling, perilaku asertif, sosiodrama PB - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan TI - PENGARUH TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK PENINGKATAN PERILAKU ASERTIF PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BARADATU TAHUN PELAJARAN 2014/2015 AV - restricted ER -