%0 Generic %9 Other %A Nourma Ervitasari, 1113021056 %C Universitas Lampung %D 2015 %F eprints:10170 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T PERBANDINGAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA YANG MENGIKUTI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DAN STAD %U http://digilib.unila.ac.id/10170/ %X Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan STAD. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 10 Bandarlampung tahun pelajaran 2014/2015. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-D sebagai kelas NHT dan siswa kelas VII-E sebagai kelas STAD yang dipilih dengan teknik purpossive random sampling. Berdasarkan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih tinggi daripada kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Kata kunci : NHT, pemahaman konsep, STAD