@unpublished{eprints10171, month = {Mei}, title = {PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS TIK DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI SUHU DAN PEMUAIAN IPA FISIKA SMP}, author = {1013022035 Hamadin}, address = {Universitas Lampung}, publisher = {Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan}, year = {2015}, url = {http://digilib.unila.ac.id/10171/}, abstract = {Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) berkembang sangat cepat terutama dibidang pendidikan, yang dapat dimanfaatkan dalam bentuk media pembelajaran interaktif. Berdasarkan penelitian pendahuluan yang dilakukan di SMP Negeri 1 Ambarawa Kabupaten Pringsewu diperoleh hasil bahwa media pembelajaran interaktif dalam pembelajaran fisika belum lengkap, sehingga penulis melakukan penelitian dengan tujuan penelitian yaitu (1) membuat media pembelajaran interaktif berbasis TIK yang sesuai dengan pendekatan saintifik pada materi Suhu dan Pemuaian dan (2) mengungkapkan keefektifan media pembelajaran interaktif berbasis TIK sebagai suatu sumber belajar di SMP Negeri 1 Ambarawa pada materi Suhu dan Pemuaian. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut, penulis menggunakan prosedur pengembangan dari Darmawan yang meliputi (1) analisis kurikulum, (2) membuat flowchart, (3) membuat storyboard, (4) mengumpulkan bahan, (5) pemrograman, dan (6) finishing. Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk berupa CD pembelajaran interaktif. Uji coba pemakaian produk dilakukan terhadap siswa SMP Negeri 1 Ambarawa Kabupaten Pringsewu kelas VII.1 sebanyak 34 siswa pada semester genap tahun ajaran 2014/2015. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan berkategori mudah digunakan dengan skor 3,08 dan berkategori sangat bermanfaat dalam membantu pembelajaran dengan skor 3,38. Produk yang dikembangkan berkategori menarik untuk digunakan dengan skor 3,13. Hasil belajar siswa setelah menggunakan produk tersebut adalah sebanyak 79,41\% dari populasi telah tuntas KKM, dengan KKM yang telah ditetapkan sebesar 73, sehingga produk yang dihasilkan efektif digunakan sebagai suatu media pembelajaran. Kata kunci: pendekatan saintifik, pengembangan, TIK} }