?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=+EFEKTIVITAS+PENGGUNAAN+MULTIMEDIA+MELALUI+METODE+DISKUSI+%0D%0ATERHADAP+AKTIVITAS+BELAJAR+DAN+PENGUASAAN+KONSEP+OLEH++SISWA+PADA+MATERI+POKOK+EKOSISTEM++%0D%0A+(Studi+Eksperimen+Pada+Siswa+Kelas+VII+SMP+N+1+Talang+Padang+Semester+Genap+Tahun+%0D%0APelajaran+2012%2F2013)+&rft.creator=Sahril%2C+Erlis+Miarti+&rft.subject=LB+Theory+and+practice+of+education&rft.subject=QH301+Biology&rft.description=+%0D%0ATujuan+penelitian+ini+untuk+mengetahui+efektivitas+penggunaan+multimedia+melalui+%0D%0Ametode+diskusi+terhadap+aktivitas++belajar+dan+penguasaan+konsep+oleh+siswa+pada+%0D%0Amateri+ekosistem+pada+siswa+kelas+VII+SMP+N+1+Talang+Padang+dengan+%0D%0Amenggunakan+multimedia+melalui+metode+diskusi.++Penelitian+ini+menggunakan+%0D%0Apenelitian+studi+eksperimen+dengan+desain+penelitian+adalah+pretes-postes+tak+%0D%0Aequivalen.++Sampel+pada+penelitian+ini+adalah+siswa+kelas+VII.2+dan+VII.3+yang+%0D%0Adipilih+secara+acak+dengan+teknik+cluster+random+sampling.++Data+penelitian++ini+%0D%0Adiperoleh+dari+data+kualitatif+dan+kuantitatif%2C+kemudian+dihitung+selisihnya+dan+%0D%0Adiperoleh+N-gain%2C+serta+lembar+observasi+aktivitas+belajar+siswa.++Analisis+data+%0D%0Amenggunakan+Uji+Mann-+Whitney+U.+Hasil+penelitian+ini+menunjukkan+bahwa+multimedia+berpengaruh+signifikan+%0D%0Aterhadap+aktivitas+belajar+siswa+dengan+rata-rata+kelas+eksperimen+86%2C81%25+lebih+%0D%0Atinggi+daripada+kelas+kontrol+yaitu+64%2C06%25%2C+aspek+kemampuan+bekerjasama+dalam+%0D%0Akelompok+merupakan+aktivitas+dengan+kriteria+sangat+tinggi+yang+dicapai+siswa+%0D%0Apada+kelas+yang+menggunakan+multimedia.penguasaan+konsep+pada+kelas+%0D%0Aeksperimen+dengan+rata-rata++N-gain+33%2C59+lebih+tinggi+daripada+rata-rata++N-gain+%0D%0Apada+kelas+kontrol+yang+menggunakan+metode+diskusi+yaitu+31%2C97.+Indikator++C4+%0D%0A(analyze)+dengan+kriteria+sangat+tinggi+yang+dicapai+siswa+dengan+menggunakan+%0D%0Amultimedia.++%0D%0A+Hasil+penelitian+ini+menunjukkan+bahwa+efektivitas+multimedia+berpengaruh+%0D%0Asignifikan+terhadap+peningkatan+aktivitas+belajar+dan+penguasaan+konsep+oleh+%0D%0Asiswa+pada+materi+pokok+ekosistem.+%0D%0A+Kata+kunci%3A+multimedia+melalui+metode+diskusi%2C+aktivitas+belajar%2C+penguasaan+%0D%0Akonsep%2C+ekosistem.++&rft.publisher=Fakultas+Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan&rft.date=2013-03-07&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1018%2F1%2F2.%2520COVER%2520DALAM.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1018%2F2%2F1.%2520ABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1018%2F3%2F4.%2520HALAMAN%2520MENYETUJUI.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1018%2F4%2F5.%2520HALAMAN%2520MENGESAHKAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1018%2F5%2F6.%2520PERNYATAAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1018%2F6%2F11.%2520DAFTAR%2520ISI.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1018%2F7%2FBAB%2520I.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1018%2F8%2FBAB%2520II.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1018%2F9%2FBAB%2520III.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1018%2F10%2FBAB%2520IV.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1018%2F11%2FBAB%2520V.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1018%2F12%2FDAFTAR%2520PUSTAKA.pdf&rft.format=archive&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1018%2F13%2FLAMPIRAN.zip&rft.identifier=++Sahril%2C+Erlis+Miarti+++(2013)++EFEKTIVITAS+PENGGUNAAN+MULTIMEDIA+MELALUI+METODE+DISKUSI+TERHADAP+AKTIVITAS+BELAJAR+DAN+PENGUASAAN+KONSEP+OLEH+SISWA+PADA+MATERI+POKOK+EKOSISTEM+(Studi+Eksperimen+Pada+Siswa+Kelas+VII+SMP+N+1+Talang+Padang+Semester+Genap+Tahun+Pelajaran+2012%2F2013).++Fakultas+Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan%2C+Universitas+Lampung.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1018%2F