%0 Generic %9 Other %A Eilin Nagari Harto Putri, 1113053036 %C Universitas Lampung %D 2015 %F eprints:10183 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T PENGARUH BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 2 LABUHAN RATU BANDAR LAMPUNG %U http://digilib.unila.ac.id/10183/ %X Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa rendah dan tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh belajar siswa menggunakan model problem based learning dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah ex post facto dengan menggunakan teknik analisis regresi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 2 Labuhan Ratu Bandar Lampung yang berjumlah 68 siswa. Data yang diambil dalam penelitian ini menggunakan observasi untuk variabel X1, angket untuk variabel X2, dan dokumentasi nilai siswa untuk variabel Y. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh antara belajar siswa menggunakan model problem based learning terhadap hasil belajar siswa, buktinya r hitung > r tabel (0,403 > 0,244), Ha diterima dan Ho ditolak. Tidak ada pengaruh antara minat belajar terhadap hasil belajar siswa, buktinya r hitung < r tabel (0,139 < 0,244), Ha ditolak dan Ho diterima. Ada pengaruh antara belajar siswa menggunakan model problem based learning dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa, buktinya Fhitung > Ftabel (6,572 > 3,14), Ha diterima dan Ho ditolak. Kata kunci: model problem based learning, minat belajar, hasil belajar