?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENGGUNAAN+MODEL+PEMBELAJARAN+KOOPERATIF+TIPE+THINK+%0D%0APAIR+SHARE+(TPS)+TERHADAP+AKTIVITAS+DAN+HASIL+BELAJAR+SISWA+PADA+MATERI+PENCEMARAN+LINGKUNGAN+%0D%0A+(Kuasi+Eksperimen+pada+Siswa+Kelas+X+Semester+Genap+SMA+Negeri+12+Bandar+Lampung+Tahun+Pelajaran+2012%2F2013)+&rft.creator=Uci+Sanusi+Edy%2C+FINA+CITHA+KASIH+&rft.subject=LB+Theory+and+practice+of+education&rft.subject=QH301+Biology&rft.description=Hasil+observasi+di+kelas+X+SMA+Negeri+12+Bandar+Lampung%2C+diketahui+bahwa+%0D%0Ahasil+belajar+siswa+masih+rendah.++Oleh+karena+itu%2C+diperlukan+solusi+untuk+%0D%0Ameningkatkan+aktivitas+dan+hasil+belajar+siswa%2C+salah+satunya+dengan+%0D%0Amenggunakan+model+Think+Pair+Share+(TPS).++Penelitian+ini+bertujuan+untuk+%0D%0Amengetahui+penggunaan+model+pembelajaran++TPS+terhadap+aktivitas+dan+hasil+%0D%0Abelajar+siswa.+%0D%0A+Penelitian+ini+merupakan+kuasi+eksperimental+dengan+desain+pretes+postes+non-%0D%0Aequivalen.++Sampel+penelitian+adalah+siswa+kelas+X%0D%0A1%0D%0A+dan+X%0D%0A2%0D%0A+yang+dipilih+secara++%0D%0Apurposive++sampling.++Data+penelitian+ini+berupa+data+kuantitatif+dan+kualitatif.++%0D%0AData+kuantitatif+berupa+hasil+belajar+yang+diperoleh+dari+rata-rata+nilai+pretes%2C+%0D%0Apostes+dan+N-gain+yang+dianalisis+secara+statistik+menggunakan+uji-t+dan+uji+U.++%0D%0AData+kualitatif+berupa+aktivitas+belajar+siswa%2C+dan+tanggapan+siswa+terhadap+%0D%0Apenggunaan+model+TPS+yang+dianalisis+secara+deskriptif.Hasil+penelitian+menunjukkan+bahwa+aktivitas+belajar+siswa+rata-rata+berkriteria++%0D%0Abaik.++Pada+aspek+interaksi+siswa+dengan+pasangan+(82%25)%3B+mengerjakan+tugas+%0D%0Asecara+mandiri+(81%2C50%25)%3B+dan+kecakapan+komunikasi+siswa+(74%2C50%25).++Hasil+%0D%0Abelajar++juga+mengalami+peningkatan+dengan+rata-rata+nilai+pretes+(46%2C38)%3B+postes+%0D%0A(68%2C7)%3B+N-gain+(40%2C17).+Peningkatan+hasil+belajar+juga+terjadi+pada+indikator+aspek+%0D%0Akognitif+(C4)+dengan+rata-rata+N-gain+(40%2C19).++Selain+itu%2C+semua+siswa+%0D%0Amemberikan+tanggapan+positif+terhadap+penggunaan+model+TPS.++Dengan+%0D%0Ademikian+dapat+disimpulkan+bahwa+model+TPS+berpengaruh+terhadap+peningkatan+%0D%0Aaktivitas+dan+hasil+belajar+siswa.+%0D%0A++Kata+kunci+%3A+aktivitas+belajar%2C+hasil+belajar%2C+TPS%2C+pencemaran+lingkungan.+++&rft.publisher=Fakultas+Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan&rft.date=2013-06-06&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1019%2F1%2FCOVER%2520DALAM.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1019%2F2%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1019%2F3%2FHALAMAN%2520PERSETUJUAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1019%2F4%2FHALAMAN%2520PERNYATAAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1019%2F5%2FHALAMAN%2520PENGESAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1019%2F6%2FDAFTAR%2520ISI.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1019%2F7%2FBAB%2520I.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1019%2F8%2FBAB%2520II.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1019%2F9%2FBAB%2520III.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1019%2F10%2FBAB%2520IV.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1019%2F11%2FBAB%2520V.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1019%2F12%2FDAFTAR%2520PUSTAKA.pdf&rft.format=archive&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1019%2F13%2FLAMPIRAN.zip&rft.identifier=++Uci+Sanusi+Edy%2C+FINA+CITHA+KASIH+++(2013)+PENGGUNAAN+MODEL+PEMBELAJARAN+KOOPERATIF+TIPE+THINK+PAIR+SHARE+(TPS)+TERHADAP+AKTIVITAS+DAN+HASIL+BELAJAR+SISWA+PADA+MATERI+PENCEMARAN+LINGKUNGAN+(Kuasi+Eksperimen+pada+Siswa+Kelas+X+Semester+Genap+SMA+Negeri+12+Bandar+Lampung+Tahun+Pelajaran+2012%2F2013).++Fakultas+Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan%2C+Universitas+Lampung.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1019%2F