creators_name: Muhammad Asrul Faehani, 1113053065 creators_id: asrul.faehani@ymail.com type: other datestamp: 2015-06-10 07:35:39 lastmod: 2015-06-10 07:35:39 metadata_visibility: show title: PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS VB SD NEGERI 04 METRO BARAT ispublished: pub subjects: LB1501 full_text_status: restricted abstract: Masalah yang terdapat pada penelitian ini adalah rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa, yang ditunjukkan dengan ketuntasan hasil belajar siswa hanya sebesar 45% dari 22 orang siswa. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model cooperative learning tipe team assisted individualization. Penelitian ini menggunakaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahapan setiap siklus yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan non tes dan tes. Alat pengumpul data menggunakan lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe team assisted individualization dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai motivasi belajar siswa pada siklus I mendapat kategori “baik” dengan nilai 67, siklus II mendapat kategori “baik” dengan nilai 70. Persentase ketuntasan motivasi siswa pada siklus I adalah 77% dengan kategori “baik”, meningkat pada siklus II menjadi 82% dengan kategori “sangat baik”. Rata-rata hasil belajar pada siklus I mencapai 62 dengan kategori “cukup” meningkat pada siklus II menjadi 70 dengan kategori “baik”. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa siklus I adalah 27%, dengan kategori “rendah” meningkat pada siklus II menjadi 82% dengan kategori “sangat tinggi”. Kata kunci: cooperative learning, hasil belajar, motivasi siswa, team assisted individualization. date: 2015-05-22 date_type: published publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan place_of_pub: Universitas Lampung institution: UNIVERSITAS LAMPUNG department: FKIP thesis_type: other citation: Muhammad Asrul Faehani, 1113053065 (2015) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS VB SD NEGERI 04 METRO BARAT. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. document_url: http://digilib.unila.ac.id/10192/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10192/2/COVER%20DALAM.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10192/3/MENYETUJUI.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10192/116/MENGESAHKAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10192/117/SURAT%20PERNYATAAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10192/4/RIWAYAT%20HIDUP.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10192/6/PERSEMBAHAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10192/5/MOTO.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10192/7/SANWACANA.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10192/126/DAFTAR%20ISI.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10192/9/DAFTAR%20TABEL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10192/10/DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10192/11/DAFTAR%20GAMBAR.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10192/12/BAB%20I.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10192/13/BAB%20II.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10192/14/BAB%20III.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10192/110/BAB%20IV.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10192/15/BAB%20V.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10192/16/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf