@misc{eprints10198, month = {Maret}, title = {PEMBELAJARAN TARI SIGEH PENGUNTEN DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI KELAS VIII SMP NEGERI 02 MERBAU MATARAM LAMPUNG SELATAN}, author = {1013043032 Tahta Dwi Putra}, address = {Universitas Lampung}, publisher = {Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan}, year = {2015}, url = {http://digilib.unila.ac.id/10198/}, abstract = {ABSTRAK Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana penerapan dan hasil pembelajaran tari sigeh pengunten dengan menggunakan metode demonstrasi pada kegiatan ekstrakulikuler kelas VIII SMP Negeri 02 Merbau Mataram. Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan penerapan dan hasil pembelajaran tari sigeh pengunten dengan menggunakan metode demonstrasi pada kegiatan ekstrakulikuler kelas VIII SMP Negeri 02 Merbau Mataram. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah guru tari SMP Negeri 02 Merbau Mataram dan 7 siswi perempuan. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi berperan serta (partisipasi), wawancara, dokumentasi, dan tes praktik. Metode demonstrasi adalah metode pertunjukan tentang proses terjadinya suatu peristiwa atau benda sampai pada penampilan tingkah laku yang dicontohkan agar dapat diketahui dan dipahami oleh peserta didik secara nyata dan tiruannya. Metode demonstrasi diterapkan pada pembelajaran tari sigeh pengunten dari pertemuan awal hingga pertemuan akhir. Langkah-langkah penggunaan metode demonstrasi,langka 1 merumuskan tujuan yang harus dicapai. Langkah 2 mengtur tempat duduk yang memungkinkan semua siswa dapat memeperhatikan dengan jelas apa yang didemonstrasikan. Langkah 3 guru mendemonstrasikan ragam gerak tari. Langkah 4 memberikan kesempatan kepada siswi untuk menggerakan apa yang telah di demonstrasikan. Langkah 5 guru memberikan evaluasi. Penilaian diberikan melalui empat aspek yaitu Teknik Gerak dan Hafalan, Ketepatan Iringan, ekspresi. Berdasarkan pengamatan tes praktik dapat diketahui bahwa siswi yang mendapat kriteria baik sekali berjumlah 6 siswi (85.8 \%), siswi yang mendapat kriteria baik berjumlah 0 siswi (0 \%), siswi yang mendapat kriteria cukup berjumlah 1 siswi (14,3 \%), siswi yang mendapat kriteria kurang berjumlah 0 siswi (0\%), dan siswi yang mendapat kriteria gagal berjumlah 0 siswi (0\%). Kata Kunci: Metode Demonstrasi, Pembelajaran Tari Sigeh Pengunten, Penilaian. ABSTRACT The problem in this research is how the implementation and outcomes of learning dance pengunten sigeh using demonstration in extracurricular activities Junior High School eighth grade 02 Merbau Mataram. This study aims to describe the implementation and outcomes of learning dance pengunten sigeh using demonstration in extracurricular activities Junior High School eighth grade 02 Merbau Mataram. This study used a qualitative descriptive method. Source of the data obtained in this study is a dance teacher SMP Negeri 02 Merbau Mataram and 7 female students. The technique used to collect the data are observational participate (participation), interviews, documentation, and testing practices. The method is a method of performing a demonstration of the occurrence of an event or object to the appearance behavior exemplified in order to be known and understood by learners are real and imitation. The method is applied to study dance demonstration sigeh pengunten from the initial meeting until the end of the meeting. Step-by-step method using demonstrations, rare 1 formulate goals to be achieved. Step 2 mengtur seat that allows all students can memeperhatikan clearly what is demonstrated. Step 3 teachers demonstrate a variety of dance. Step 4 gives an opportunity to the students to move what has been demonstrated. Step 5 teacher gives evaluation. Assessment is provided through four aspects: Mechanical Motion and Memory, Accompaniment Accuracy, expression. Based on the observation of the practice test can be seen that the student who gets excellent criterion consists of 6 female students (85.8 \%), a student who gets good criteria numbered 0 female students (0\%), a student who gets sufficient criteria numbered 1 female students (14.3 \%), a student who gets less criteria numbered 0 female students (0\%), and the student who got a fail criteria numbered 0 female students (0\%). Keywords: Methods Demonstration, Learning Dance Sigeh Pengunten, Assessment.} }