@misc{eprints10208, month = {Mei}, title = {PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWADENGAN MENGGUNAKAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 TANJUNG BINTANG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TAHUN AJARAN 2014/2015}, author = {0913052003 IKHWAN NURHAKIM}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN }, year = {2015}, url = {http://digilib.unila.ac.id/10208/}, abstract = {ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah motivasi belajar siswa rendah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah ?Apakah motivasi belajar siswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok??. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa setelah penggunaan layanan bimbingan kelompok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-eksperimental dengan desain one group pretest-posttest. Analisis data dengan statistik nonparametrik menggunakan uji Wilcoxon. Subyek penelitian 8 orang siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tanjung Bintang yang memiliki motivasi belajar rendah. Hasil analisis data pretest dan posttest diperoleh Z hitung = -2,524 dan Z tabel 0,05 = 1,645. Karena Z hitung {\ensuremath{<}} Z tabel maka, Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat peningkatan antara skor motivasi belajar sebelum dan setelah diberikan perlakuan dengan layanan bimbingan kelompok kepada subyek penelitian. Kesimpulan dalam penelitian ini motivasi belajar siswa mengalami peningkatan setelah mengikuti layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tanjung Bintang Kabupaten Lampung Selatan Tahun Ajaran 2014/2015. Saran yang dapat diberikan (1) Kepada siswa yang memiliki motivasi belajar yang rendah, hendaknya mengikuti layanan bimbingan kelompok. (2) Kepada guru bimbingan dan konseling hendaknya dapat membantu dan membimbing siswa dalam meningkatkan motivasi belajar yang rendah dengan melakukan layanan bimbingan kelompok. (3) Kepada para peneliti selanjutnya, hendaknya dapat melakukan penelitian mengenai masalah yang sama dengan subjek yang berbeda, dan menggunakan pendekatan serta treatment yang berbeda guna menambah khasanah ilmu pengetahuan dalam bimbingan dan konseling. Kata kunci : Bimbingan dan Konseling, Bimbingan Kelompok, Motivasi Belajar.} }