TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints10216 UR - http://digilib.unila.ac.id/10216/ A1 - NUR AINI, 1113022042 Y1 - 2015/06/03/ N2 - Fisika merupakan salah satu pelajaran yang dianggap siswa sebagai pelajaran yang cukup sulit. Anggapan inilah yang membuat siswa kurang memiliki rasa keingintahuan dan sikap kritis terhadap fisika sehingga kemampuan bertanya siswa rendah, dan berdampak pada rendahnya hasil belajar fisika. Untuk itu telah dilakukan penelitian untuk melihat aktivitas pada scaffolding yang baik dapat mempengaruhi hasil belajar fisika siswa yang baik pula. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aktivitas pada scaffolding dalam konteks scientific approach terhadap hasil belajar konsep kalor. Strategi scaffolding merupakan strategi berbantuan oleh guru kepada siswa dalam proses pembelajaran di kelas sehingga siswa dapat saling berinteraksi satu sama lain dan dapat mendorong kemampuan bertanya yang lebih tinggi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII, sedangkan sampelnya adalah siswa kelas VIIi SMPN 1 Gedongtataan, Kab. Pesawaran pada semester genap Tahun Ajaran 2014/2015 yang berjumlah 38 orang. Pemilihan kelas sampel dengan menggunakan teknik random tak terbatas yaitu random sederhana. Penelitian ini menggunakan desain one-shot case study. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh aktivitas pada scaffolding dalam konteks scientific approach terhadap hasil belajar konsep kalor sebesar 47% dengan persentase rata-rata aktivitas pada scaffolding adalah sebesar 69,95% dengan kategori tinggi, sedangkan rata-rata nilai hasil belajar siswa adalah sebesar 73,68 dengan kategori tinggi. Kata kunci: Scaffolding, hasil belajar, scientific approach PB - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan TI - PENGARUH AKTIVITAS PADA SCAFFOLDING DALAM KONTEKS SCIENTIFIC APPROACH TERHADAP HASIL BELAJAR KONSEP KALOR AV - restricted ER -