%0 Generic %A Abuyazid, HUTRIAZKA %C Universitas Lampung %D 2013 %F eprints:1022 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T PENGARUH PENGUNAAN METODE DISKUSI MELALUI MEDIA GAMBAR TERHADAP AKTIVITAS DAN PENGUASAAN MATERI POKOK KEANEKARAGAMAN HAYATI (Studi Eksperimen Siswa Kelas X MA Al Hikmah Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2012/2013) %U http://digilib.unila.ac.id/1022/ %X Aktivitas belajar merupakan kunci utama untuk mencapai tujuan pembelajaran. Namun hasil observasi di kelas X MA Al Hikmah Bandar Lampung, diketahui bahwa aktivitas belajar siswa belum dikembangkan secara secara optimal. Hal ini dikarenakan selama ini guru menggunakan metode yang kurang tepat untuk mengembangkan aktivitas siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengunaan metode diskusi melalui media gambar terhadap aktivitas dan penguasaan materi pokok keanekaragaman hayati Desain penelitian ini adalah pretes postes non-equivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas X B dan X C yang dipilih dari populasi secara cluster random sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes, dan N-Gain, yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t melalui program SPSS 17. Data kualitatif diperoleh dari lembar obsevasi aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 16,41%. Penguasaan materi mengalami peningkatan dengan rata-rata N-gain 46,66. Hal ini berarti, bahwa penggunaan metode diskusi melalui media gambar berpengaruh terhadap peningkatan aktivitas dan penguasaan materi pokok keanekaragaman hayati di MA Al Hikmah. Kata kunci : aktivitas belajar, keanekaragaman hayati, media gambar, metode diskusi, penguasaan materi