%A 1113053068 Melina Budiawati %T PENERAPAN MODEL ACTIVE LEARNING PERMAINAN CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 05 METRO SELATAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015 %X Masalah yang terdapat dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar matematika di kelas IV SDN 05 Metro Selatan, ada 18 (58%) siswa belum mencapai KKM dari 31 siswa. KKM yang ditentukan yaitu 66. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika dengan menerapkan model active learning permainan card sort. Metode penelitian yang digunakan adalah tindakan kelas (classroom action research). Prosedur dilaksanakan melalui dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Alat pengumpul data menggunakan lembar observasi dan soal tes. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model active learning permainan card sort pada pembelajaran matematika kelas IV SDN 05 Metro Selatan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari ketuntasan belajar siswa yang mencapai 75%. Rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I (59,80%) dan meningkat (18,59%) sehingga pada siklus II menjadi (78,39%). Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I (69,52) dan pada siklus II (78,70), dengan peningkatan sebesar (9,18). Kata Kunci: active learning, aktivitas, card sort, hasil belajar, matematika. %C Universitas Lampung %D 2015 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %L eprints10226