creators_name: DESI RESTI FAUZI, 1113053027 creators_id: desi_resty@yahoo.com type: other datestamp: 2015-06-12 03:18:16 lastmod: 2015-06-12 03:18:16 metadata_visibility: show title: PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 ADIREJO PEKALONGAN LAMPUNG TIMUR ispublished: pub subjects: LB full_text_status: restricted abstract: salah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 1 Adirejo yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pendekatan kontekstual. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahapan setiap siklusnya yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui lembar observasi dan soal tes pada setiap siklus dengan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa. Hal ini dapat dilihat dari persentase siswa aktif dan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Nilai rata-rata aktivitas siswa siklus I (60,8) persentase (52,4%) kriteria “Cukup Aktif,” siklus II (64,2) persentase (66,7%) kriteria “Aktif,” dan siklus III (75,1) persentase (81,0%) kriteria “Sangat Aktif.” Nilai rata-rata hasil belajar secara berturut-turut yaitu kognitif siklus I (57) persentase (61,9%) kategori “Sedang,” siklus II (64,2) persentase (71,4%) kategori “Sedang,” siklus III (74,6) persentase (85,7%) kategori “Tinggi.” Afektif siklus I (64,4) persentase (52,4%) kategori “Rendah,” siklus II (74,3) persentase (71,4%) kategori “Sedang,” dan siklus III (83,3) persentase (90,5%) kategori “Sangat Tinggi.” Psikomotor siklus I (65,9) persentase (47,6%) kategori “Rendah,” siklus II (73,2) persentase (66,7%) kategori “Sedang,” dan siklus III (83,0) persentase (85,7%) kategori “Tinggi.” Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, pendekatan kontekstual. date: 2015-05-13 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG institution: UNIVERSITAS LAMPUNG department: FKIP thesis_type: other citation: DESI RESTI FAUZI, 1113053027 (2015) PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 ADIREJO PEKALONGAN LAMPUNG TIMUR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/10227/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10227/2/COVER%20DALAM.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10227/3/HALAMAN%20PERSETUJUAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10227/6/HALAMAN%20PENGESAHAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10227/5/HALAMAN%20PERNYATAAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10227/4/RIWAYAT%20HIDUP.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10227/7/PERSEMBAHAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10227/8/MOTO.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10227/9/SANWACANA.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10227/10/DAFTAR%20ISI.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10227/11/DAFTAR%20TABEL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10227/12/DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10227/13/DAFTAR%20GAMBAR.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10227/14/BAB%20I.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10227/15/BAB%20II.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10227/16/BAB%20III.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10227/19/BAB%20IV.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10227/17/BAB%20V.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10227/18/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf