TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints10233 UR - http://digilib.unila.ac.id/10233/ A1 - DITA WIDIASTUTI, 1113031020 Y1 - 2015/05/05/ N2 - ABSTRAK STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN PROJECT-BASED LEARNING Oleh DITA WIDIASTUTI Penelitian dilatarbelakangi oleh belum diterapkannya model pembelajaran yang mengarahkan siswa untuk menemukan dan membangun sendiri pengetahuannya, cenderung tradisional, berpusat pada guru dan bersifat menghafal. Hal ini diduga menyebabkan masih banyaknya siswa yang belum mencapai nilai KKM. Alternatif solusi yaitu penerapan model pembelajaran DL dan PjBL. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPS Terpadu siswa dan efektivitas model pembelajaran DL dan PjBL pada mata pelajaran IPS Terpadu siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Pagelaran. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pagelaran Tahun Ajaran 2014/2015. Melalui teknik cluster sampling terpilih 2 sampel yaitu kelas VII 6 sebagai kelas eksperimen dan VII 7 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan pembelajaran dengan model DL sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan dengan PjBL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar pada kelas eksperimen diperoleh nilai tertinggi tes akhir sebesar 97 dan nilai terendah 63 dengan rata-rata 80,06 sedangkan pada kelas kontrol, nilai tertinggi tes akhir sebesar 93 dan nilai terendah 60 dengan rata-rata sebesar 75,19. Uji gain pada kelas eksperimen sebesar 0,527 sedangkan kelas kontrol sebesar 0,412. Hal ini menunjukkan pembelajaran dengan model DL lebih baik dalam meningkatkan hasil belajar daripada model PjBL. Kata kunci: discovery learning, hasil belajar, project-based learning PB - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan TI - STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN PROJECT-BASED LEARNING AV - restricted ER -