%A 1013031077 Astika Kusni Wendhari Utomo %T STUDI PERBANDINGAN MORALITAS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING CHIPS (TC) DAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN MEMPERHATIKAN KONSEP DIRI SISWA PADA KELAS VIII SMP NEGERI 2 PESAWARAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015 %X ABSTRAK STUDI PERBANDINGAN MORALITAS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING CHIPS (TC) DAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN MEMPERHATIKAN KONSEP DIRI SISWA PADA KELAS VIII SMP NEGERI 2 PESAWARAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015 Oleh Astika Kusni Wendhari Utomo Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya moralitas siswa pada pelajaran IPS Terpadu siswa kelas VIII Semester ganjil SMP Negeri 2 Pesawaran. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan mana yang lebih efektif antara model pembelajaran TC dan model pembelajaran NHT, serta untuk mengetahui konsep diri siswa pada kelas VIII SMP Negeri 2 Pesawaran dalam pembentukan karakter sikap moralitas di dalam pembelajaran IPS Terpadu tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui perbedaan moralitas siswa dan ada tidaknya interaksi antara model pembelajaran TC dan NHT. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu dengan pendekatan komparatif. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah teknik cluster random sampling. Penhujian hipotesis menggunakan rumus analisis varian dua jalan dan t-test dua sampel independen. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil: 1. ada perbedaan moralitas siswa dalam pembelajaran IPS Terpadu antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran TC dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran NHT, 2. Ada perbedaan moral siswa dalam pelajaran IPS Terpadu yang pelajarannya menggunakan model TC tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajar menggunakan model NHT terhadap konsep diri siswa yang positif. 3. Ada perbedaan moral siswa dalam pelajaran IPS Terpadu yang pembelajaranya menggunakan model TC lebih rendah dibandingkan dengan siswa pembelajarannya menggunakan model NHT terhadap konsep diri siswa yang negatif, 4. ada interaksi antara model pembelajaran dengan konsep diri siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu, 5. Ada perbedaan rata-rata hasil moralitas antara siswa yang memiliki konsep diri positif dan siswa yang memiliki konsep diri negatif kata kunci: moralitas siswa, konsep diri siswa, model pembelajaran, TC dan NHT %C Universitas Lampung %D 2015 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %L eprints10234