%0 Generic %9 Other %A Ani Sulistiyani, 1113024003 %C Universitas Lampung %D 2015 %F eprints:10258 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T DESKRIPSI KEMAMPUAN GURU IPA SMP NEGERI BANDAR LAMPUNG DALAM MENGELOLA LABORATORIUM BERDASARKAN PENDEKATAN SAINTIFIK %U http://digilib.unila.ac.id/10258/ %X Pengelolaan laboratorium yang efektif sangat menentukan besar kecilnya kontribusi laboratorium dalam keterlaksanaan proses pembelajaran yang sesuai pendekatan saintifik, maka perlu kiranya guru IPA untuk dapat mengelola laboratorium secara baik dan tepat. Kemampuan guru mengelola laboratorium ini mencangkup dua aspek utama yaitu kemampuan guru dalam pengelolaan laboratorium sebagai tempat praktikum dan kekemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran berbasis praktikum. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui deskripsi kemampuan guru dalam mengelola laboratorium di SMP negeri Bandar Lampung. Desain yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif sederhana. Metode sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling sehingga sebanyak 30 orang guru dari 6 sekolah yang mewakili berbagai tingkatan diambil sebagai subjek penelitian. Data penelitian berupa data kualitatif hasil konversi skor penilaian yang diperoleh berdasarkan penilaian angket yang diisi oleh guru dan siswa sebagai pihak sekolah dan berdasarkan hasil observasi Ani Sulistiyani secara langsung oleh peneliti. Analisis data menggunakan analisis data deskriptif sederhana dengan penskoran dan persentase. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kemampuan guru dalam mengelola laboratorium memiliki nilai rata-rata 37,3 dengan kriteria sangat kurang. Responden 1 memiliki kriteria baik sedangkan 5 responden lainnya memiliki kriteria sangat kurang. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu kemampuan guru IPA SMP negeri Bandar Lampung dalam mengelola laboratorium memiliki kriteria sangat kurang. Kata kunci : kemampuan guru, mengelola laboratorium, pendekatan saintifik