%0 Generic %9 Other %A NUR HIDAYAH, 1113024051 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2015 %F eprints:10259 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T DESKRIPSI KEMAMPUAN GURU IPA DI SMP SWASTA BANDAR LAMPUNG DALAM MENGELOLA LABORATORIUM BERDASARKAN PENDEKATAN SAINTIFIK %U http://digilib.unila.ac.id/10259/ %X ABSTRAK Mengacu pada kompetensi pengelolaan laboratorium yang harus dimiliki guru IPA, maka seorang guru harus memiliki kemampuan dalam manajemen laboratorium dan pelaksanaan pembelajaran berbasis praktikum (perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian). Guru harus mampu mengelola laboratorium IPA untuk menunjang proses pembelajaran IPA yang ditandai dengan peningkatan keterampilan proses dan sikap ilmiah siswa serta tercapainya tujuan pembelajaran yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui deskripsi kemampuan guru IPA SMP swasta di Bandar Lampung dalam mengelola laboratorium berdasarkan pendekatan saintifik. Desain yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif sederhana. Metode sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling, sebanyak 14 orang guru IPA dari 6 SMP swasta Bandar Lampung yang mewakili untuk setiap tingkatan akreditasi sekolah diambil sebagai subjek penelitian. Data penelitian berupa data kualitatif hasil konversi skor penilaian yang diperoleh berdasarkan penilaian angket pengelolaan laboratorium IPA, observasi, dan tes pengetahuan. Nur Hidayah Analisis data menggunakan analisis data deskriptif dengan penskoran dan persentase. Hasil analisis observasi terhadap empat belas guru SMP swasta di Bandar Lampung menunjukan bahwa kemampuan guru di SMP swasta dalam pengelolaan laboratorium dikategorikan kurang sekali (36.29) dengan rincian diperoleh kategori sangat baik pada responden 2 (88.22) namun diperoleh kategori kurang sekali pada responden 1 (52.18), responden 6 (30.36), responden 4 (18.12), responden 3 (17.03), dan responden 5 (11.87). Dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata kemampuan guru di masing-masing sekolah dalam pengelolaan laboratorium dikategorikan kurang sekali. Kata kunci : kemampuan guru, mengelola laboratorium, SMP swasta,