%0 Generic %A Djamingan, ISKA WIDIA RENNY %C Universitas Lampung %D 2013 %F eprints:1026 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU BERGAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI POKOK PROTISTA (Studi Eksperimen Semu pada Siswa Kelas X SMA N 12 Bandar Lampung Semester Ganjil Tahun Ajaran 2012/2013) %U http://digilib.unila.ac.id/1026/ %X Keterampilan berpikir kritis penting untuk dimiliki oleh setiap siswa. Namun di SMA Negeri 12 Bandar Lampung keterampilan berpikir kritis siswa belum dikembangkan secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media kartu bergambar terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan studi eksperimen semu dengan desain pretes postes kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas X 4 dan X 5 yang dipilih dari populasi dengan teknik purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa deskripsi aktivitas dan angket tanggapan siswa. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai N-gain yang dianalisis secara statistik melalui uji-t dan uji-U pada taraf kepercayaan 95% dengan bantuan program SPSS versi 17. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas kedisplinan dan motivasi siswa (88.46), interaksi siswa dengan pasangannya (79.81) dan kecakapan komunikasi siswa (69.23) mengalami peningkatan. Sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan media kartu bergambar. Keterampilan berpikir kritis siswa juga mengalami peningkatan, dengan rata-rata nilai N-gain sebesar 51.67. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan media kartu bergambar berpengaruh dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Kata kunci: aktivitas, kartu bergambar, keterampilan berpikir kritis