@misc{eprints10261, month = {Juni}, title = {PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KELOMPOK DAN BERPASANGAN TERHADAP GERAK DASAR SEPAKSILA DALAM PERMAINAN SEPAKTAKRAW PADA SISWA KELAS V MI ISMARIA AL-QUR?ANIYYAH BANDAR LAMPUNG}, author = {1113051081 Yandri Arif}, address = {Universitas Lampung}, publisher = {Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan}, year = {2015}, url = {http://digilib.unila.ac.id/10261/}, abstract = { Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh antara model pembelajaran kelompok dan berpasangan terhadap keterampilan gerak dasar sepaksila dalam permainan sepaktakraw pada siswa kelas V MI Ismaria Al- Qur?aniyyah Bandar Lampung. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen komparatif dikatakan ekperimen komparatif karena tidak ada kelas kontrol dalam perlakuan. Populasi berjumlah 40 siswa/i. Teknik pengumpulan data menggunakan tes gerak dasar sepaksila dalam permainan sepaktakraw. Setelah tes awal dan tes akhir pengaruh model pembelajaran kelompok dan berpasangan terhadap gerak dasar sepaksila dalam permainan sepaktakraw menggunakan uji ?t dan uji pengaruh yaitu regresi. Hasil penelitian menunjukan: bahwa ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran kelompok dan ada pengaruh yang signifikan model pembelajajaran berpasangan terhadap gerak dasar sepaksila dalam permainan sepaktakraw. Ada perbedaan yang signifikan antara, model pembelajaran berpasangan kelompok terhadap untuk gerak dasar sepaksila pada siswa kelas V MI Ismaria Al- Qur?aniyyah Bandar Lampung. Kesimpulan dari penelitian adalah model pembelajaran berpasangan lebih baik dari pada model pembelajaran kelompok terhadap gerak dasar sepaksila dalam permainan sepaktakraw pada siswa kelas V MI Ismaria Al-Qur?aniyyah Bandar Lampung. Kata Kunci : gerak dasar, model pembelajaran kelompok, berpasangan, sepaksila, sepaktakraw.} }