%A 1113053057 Ira Desiyantina %T HUBUNGAN ANTARA DISIPLIN BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 3 GEDUNG AIR KOTA BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2014/2015 %X Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar IPS dan kurangnya sikap disiplin dan kemandirian belajar siswa kelas V SD Negeri 3 Gedung Air Kota Bandar Lampuung Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara disiplin belajar dengan Prestasi belajar, hubungan antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar dan hubungan antara disiplin dan kemandirian belajar dengan prestasi belajar. Penelitian ini termasuk jenis penelitian korelasional. Variabel yang diteliti yaitu disiplin belajar (x?) dan kemandirian belajar (x?) prestasi belajar IPS (y). Penelitian ini merupakan penelitian populasi dimana seluruh anggota populasi yang terdiri dari siswa kelas V SD Negeri 3 Gedung Air Kota Bandar Lampung Tahun Ajaran 2014/2015 yang berjumlah 33 siswa digunakan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kusioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi product moment, baik korelasi sederhana maupun korelasi ganda. Berdasarkan hasil analisis data dan uji hipotesis menunjukkan (1) ada hubungan yang positif antara antara disiplin belajar dengan prestasi belajar, dengan koefisien korelasi sebesar 0,820 (2) ada hubungan yang positif antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar IPS dengan koefisien korelasi sebesar 0,824 (3) ada hubungan yang positif antara disiplin belajar dan kemandirian belajar dengan prestasi belajar dengan koefisien sebesar 0,862. Kata Kunci : Disiplin belajar, Kemandirian belajar, Prestasi Belajar IPS. %C Universitas Lampung %D 2015 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %L eprints10283