TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints10284 UR - http://digilib.unila.ac.id/10284/ A1 - Renanti Widya Dara, 1113053091 Y1 - 2015/06/04/ N2 - ABSTRAK Masalah penelitian ini adalah, keterampilan menjelaskan dan bertanya guru yang masih kurang baik, serta prestasi belajar yang rendah pada siswa kelas V SD Negeri 3 Gedong Air Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2014/2015. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan hubungan antara kemampuan guru dalam keterampilan menjelaskan dengan prestasi belajar IPS, hubungan antara kemampuan guru dalam keterampilan bertanya dengan prestasi belajar IPS, dan hubungan antara kemampuan guru dalam keterampilan menjelaskan dan bertanya dengan prestasi belajar IPS. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif korelasional. Mengunakan teknik sampling jenuh. Sampel diambil seluruh anggota populasi yaitu siswa kelas V SD yang berjumlah 33 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan yang positif antara keterampilan menjelaskan dengan prestasi belajar IPS dengan koefisien korelasi r sebesar 0,739; (2) terdapat hubungan yang positif antara keterampilan bertanya dengan prestasi belajar IPS dengan koefisien korelasi r sebesar 0,713; (3) terdapat hubungan yang positif antara kemampuan guru dalam keterampilan menjelaskan dan bertanya secara bersama-sama dengan prestasi belajar IPS dengan koefisien korelasi R sebesar 0,749. Kata kunci: Keterampilan menjelaskan, Keterampilan Bertanya, Prestasi Belajar IPS. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - HUBUNGAN ANTARA KETERAMPILAN MENJELASKAN DAN BERTANYA GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 3 GEDUNG AIR BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015 AV - restricted ER -