%0 Generic %9 Other %A Endang Lusiati, 1113032017 %C Universitas Lampung %D 2015 %F eprints:10285 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T PENGARUH KEMAMPUAN GURU DALAM MEMBUAT RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PKn SISWA KELAS X DI MAN 1 PONCOWATI TERBANGGI BESAR LAMPUNG TENGAH TAHUN PELAJARAN 2014/2015 %U http://digilib.unila.ac.id/10285/ %X Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh kemampuan guru dalam membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) terhadap motivasi belajar PKn Siswa Kelas X di MAN 1 Poncowati Terbanggi Besar Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2014/2015. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah ada pengaruh kemampuan guru dalam membuat rencana pelaksanaan pembelajaran terhadap motivasi belajar PKn Siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, wawancara dan observasi. Tehnik analisis data menggunakan rumus Chi Kuadrat. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 330 dan sampel yang diambil sebanyak 46 responden. Berdasarkan analisis data dan pengujian pengaruh yang dilakukan, maka dalam penelitian ini terdapat derajad keeratan, yaitu dengan koefisien kontingensi C = 0,68 dan = 0,81, diperoleh nilai 0,82. Dengan hasil 0,82 berada pada kategori sangat berpengrauh, hal ini menunjukan bahwa adanya pengaruh kemampuan guru dalam membuat rencana pelaksanaan pembelajaran terhadap motivasi belajar PKn siswa kelas X di MAN 1 Poncowati. Oleh karena itu siswa diharuskan untuk meningkatkan pembelajaran melalui penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran dan untuk meningkatkan motivasi belajar dengan baik. Kata kunci: Kemampuan Guru, Motivasi Belajar, RPP