title: PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK ORGANISASI KEHIDUPAN (Studi Eksperimen Semu pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 23 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2012/2013) creator: Hamami, ISTAFADA subject: LB Theory and practice of education subject: QH301 Biology description: Hasil observasi dan wawancara dengan guru IPA yang mengajar di kelas VII SMP Negeri 23 Bandar Lampung, diketahui bahwa hasil belajar siswa masih rendah karena penggunaan metode pembelajaran tidak memfasilitasi siswa dalam melakukan aktivitas belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan studi eksperimen semu dengan desain pretes-postes kelompok non-ekuivalen. Sampel penelitian ini adalah kelas VII C dan VII D yang dipilih dari populasi kelas VII secara cluster random sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes, dan N-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t dan uji- U. Data kualitatif berupa rata-rata persentase aktivitas belajar siswa dan angket tanggapan siswa terhadap penerapanan model pembelajaran inkuiri terbimbing yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan dari penerapan model inkuiri terbimbing terhadap peningkatkan hasil belajar siswa dengan rata-rata nilai N-gain pretes postes sebesar 62,97 dan berkriteria sedang. Sedangkan rata-rata nilai N-gain indikator kognitif soal tingkat C1 (39,7) dengan kriteria sedang, N-gain indikator kognitif soal tingkat C2 (73,8) dengan kriteria tinggi, serta N-gain indikator kognitif soal tingkat C3 (73,0) dengan kriteria tinggi. Namun, penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap peningkatan aktivitas belajar siswa mencakup mengajukan pertanyaan (40,56%), merumuskan hipotesis (52,22%), dan menganalisis data (45,56%) dengan rata-rata persentase sebesar 52,56% dan berkriteria cukup. Selain itu, sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif terhadap penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Kata kunci : aktivitas belajar siswa, hasil belajar siswa, model inkuiri terbimbing publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan date: 2013-03-18 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1029/1/COVER%20DALAM.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1029/2/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1029/3/HALAMAN%20PERSETUJUAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1029/4/HALAMAN%20PENGESAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1029/5/HALAMAN%20PERNYATAAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1029/6/DAFTAR%20ISI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1029/7/BAB%20I.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1029/8/BAB%20II.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1029/9/BAB%20III.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1029/10/BAB%20IV.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1029/11/BAB%20V.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1029/12/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: archive identifier: http://digilib.unila.ac.id/1029/13/LAMPIRAN.zip identifier: Hamami, ISTAFADA (2013) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK ORGANISASI KEHIDUPAN (Studi Eksperimen Semu pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 23 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2012/2013). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. relation: http://digilib.unila.ac.id/1029/