@misc{eprints10291, month = {April}, title = {MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK MELALUI METODE PEMBELAJARAN INKUIRIPADA SISWA KELAS VSDN 2KRESNOWIDODO KABUPATEN PESAWARAN}, author = {1313093051 ILZAM FANANI}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN }, year = {2015}, url = {http://digilib.unila.ac.id/10291/}, abstract = {ABSTRAK Berdasarkan hasil observasi awal di Sekolah Dasar Negeri 2 Kresnowidodo hasil belajar tematiksiswa kelas V masih dibawah KKM yang ditentukan yakni 66. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkanhasil belajar tematik pada siswa kelas V dengan menggunakan metode pembelajaran inkuiri. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa lembar observasi kinerja guru dan hasil belajar siswa pada setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar tematik. Hal ini ditunjukkan data dimana pada siklus Isecara klasikal ketuntasan hasil belajar sebesar 50\% dan siklus II ketuntasan hasil belajar meningkat menjadi 86\%. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan menggunakan metode pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar tematik pada siswa kelas V SDN2 Kresnowidodo Kabupaten Pesawaran. Kata kunci: Pembelajaran inkuiri, hasil belajar.} }