title: EFEKTIFITAS IKLAN POLITIK MEDIA CETAK HARIAN LAMPUNG TENTANG PEMILIHAN GUBERNUR LAMPUNG TERHADAP KHALAYAK PEMILIH PEMULA creator: Aris Gunawansyah, 1016021007 subject: J General legislative and executive papers subject: JA Political science (General) description: ABSTRAK Fenomena aktivitas membaca iklan politik di media cetak harian Lampung merupakan hal yang cukup menarik perhatian karena dinilai dapat membentuk identifikasi pemilih pemula. Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk menjelaskan pengaruh aktivitas membaca iklan politik media cetak terhadap identifikasi politik pemilih pemula tentang pemilihan Gubernur Lampung 2014. Tipe penelitian ini menggunakan tipe penelitian Eksplanatori. Teknik pengumpulan data berupa kuisioner dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas membaca iklan politik tidak efektif secara signifikan dalam membentuk identifikasi politik pemilih pemula. Kompetensi politik efektif secara signifikan dalam membentuk identifikasi politik pemilih pemula. Kompetensi politik dan aktivitas membaca iklan politik efektif secara signifikan dalam membentuk identifikasi politik pemula. Dengan demikian hasil penelitian ini mendukung teori. Kata Kunci : Efektifitas Media Cetak, Iklan Politik, Pemilih Pemula ABSTRACT The phenomenon of political advertising in the daily newspaper in Lampung is enough to attract attention. The reason, many people who doubt its effectiveness, especially for first-time voters. The candidates directly considers the individual socialization is more effective to be able to get votes to get a number one seat in lampung, but the fact in the field of political advertising in the daily Newspaper such as Lampung Post, Tribune Lampung and Radar Lampung is inefficient to reach all people especially for first-time voters, this is because not all elements of society voters intense consume daily newspaper, especially in areas that are far from downtown. The purpose of this research was to determine and measure the effectiveness of the daily newspaperin Lampung about the election for governor of Lampung toward beginner voters. Keywords: Effectivity of Newspaper, political advertising, Beginners Voter publisher: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik date: 2015-04-08 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10292/2/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10292/1/ABSTRACT.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10292/3/COVER%20DALAM.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10292/9/LEMBAR%20PERSETUJUAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10292/11/LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10292/10/LEMBAR%20PERNYATAAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10292/4/RIWAYAT%20HIDUP.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10292/5/PERSEMBAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10292/6/MOTO.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10292/106/DAFTAR%20ISI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10292/8/SANWACANA.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10292/12/BAB%20I.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10292/13/BAB%20II.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10292/14/BAB%20III.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10292/18/BAB%20IV.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10292/107/BAB%20V.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10292/16/BAB%20VI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10292/17/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf identifier: Aris Gunawansyah, 1016021007 (2015) EFEKTIFITAS IKLAN POLITIK MEDIA CETAK HARIAN LAMPUNG TENTANG PEMILIHAN GUBERNUR LAMPUNG TERHADAP KHALAYAK PEMILIH PEMULA. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Lampung. relation: http://digilib.unila.ac.id/10292/