@misc{eprints10297, month = {Juni}, title = {LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI DENGAN MODEL SiMaYang TIPE II UNTUK MENUMBUHKAN MODEL MENTAL DAN PENGUASAAN KONSEP LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT}, author = {1113023052 Rahman Aryo Hananto}, address = {Universitas Lampung}, publisher = {Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan}, year = {2015}, url = {http://digilib.unila.ac.id/10297/}, abstract = {ABSTRAK LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI DENGAN MODEL SiMaYang TIPE II UNTUK MENUMBUHKAN MODEL MENTAL DAN PENGUASAAN KONSEP LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT Oleh RAHMAN ARYO HANANTO Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS, mendiskripsikan penilaian guru dan siswa serta mendeskripsikan kepraktisan dan keefektivan LKS berbasis multipel representasi dengan model SiMaYang tipe II pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian dan Pengembangan dengan langkah-langkah: studi pendahuluan, pengembangan produk, dan pelaksanaan penelitian. Berdasarkan studi pendahuluan yang telah dilakukan, dibuat draf LKS I yang kemudian divalidasi khususnya pada aspek kesesuaian isi dan konstruksi oleh tiga dosen ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase penilaian validator terhadap aspek kesesuaian isi dan konstruksi masuk dalam kategori ?tinggi?. Kemudian dilakukan revisi terhadap draf LKS 1 berdasarkan saran/masukan dari validator dan dihasilkan draf LKS II. Persentase hasil penilaian guru terhadap draf LKS II yang meliputi aspek kesesuaian isi, konstruksi, dan keterbacaan masuk dalam kategori ?sangat tinggi?. Persentase hasil tanggapan siswa terhadap draf LKS II yang meliputi aspek keterbacaan dan kemenarikan masuk dalam kategori ?sangat Rahman Aryo hananto tinggi?. Hasil obsevasi keterlaksanaan produk LKS dan aktivitas siswa yang relevan dengan kegiatan pembelajaran tergolong ?tinggi?, dan respon siswa terhadap model dan perangkat pembelajaran yang digunakan tergolong ?tinggi?. Hasil penelitian juga menunjukkan adanya peningkatan model mental siswa setelah tiga kali pertemuan dan perolehan n-Gain penguasaan konsep siswa yang berada pada kategori ?sedang?. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa: 1) LKS dengan model SiMaYang Tipe II telah dikembangkan dengan baik; 2) LKS yang dikembangkan memiliki Validitas yang tinggi; 3) LKS yang dikembangkan memiliki Kepraktisan dan keefektivan yang tinggi. Kata Kunci : LKS, model mental, model SiMaYang Tipe II, penguasaan konsep} }