@misc{eprints10301, month = {Juni}, title = {PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA POKOK BAHASAN TEORI ATOM MEKANIKA KUANTUM}, author = {1113023054 RESTI NURISALFAH}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN }, year = {2015}, url = {http://digilib.unila.ac.id/10301/}, abstract = {ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan dan keefektivan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis pendekatan saintifik menggunakan model discovery learning. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Penyusunan LKS dilakukan setelah melakukan studi kepustakaan dan studi lapangan. Kevalidan LKS hasil pengembangan didasarkan pada hasil validasi ahli yang dilakukan oleh 3 orang dosen pendidikan kimia. Kepraktisan LKS didasarkan pada penilaian guru pada aspek kesesuaian isi, konstruksi, keterbacaan, dan kemenarikan, respon siswa terhadap aspek keterbacaan dan kemenarikan, respon siswa setelah menggunakan LKS dalam pembelajaran serta keterlaksanaan LKS pada pembelajaran di kelas. Keefektivan LKS didasarkan pada hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian, LKS berbasis pendekatan saintifik menggunakan model discovery learning pada pokok bahasan teori atom mekanika kuantum dinyatakan valid dan layak digunakan. Hal ini dapat dilihat dari hasil validasi ahli yang kategori sangat tinggi. LKS hasil pengembangan dinyatakan praktis. Hal ini dapat terlihat dari penilaian guru dan respon siswa terhadap LKS yang berkategori sangat tinggi, respon positif siswa setelah menggunakan LKS pada pembelajaran serta keterlaksanaan LKS yang berkategori tinggi (LKS 1) dan berkategori sangat tinggi (LKS 2 dan LKS 3). LKS hasil pengembangan dinyatakan efektif. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang tuntas secara klasikal. Kata Kunci : LKS, model discovery learning, teori atom mekanika kuantum} }